Rabu 11 September 2019, 08:00 WIB | 242

Alumni Diklat BDI Padang Jadi Pionir Batik Tiku

Kasie. Penyelenggaraan Dilat

AGAM - “Kami dari BDI Padang, sangat bangga dengan launching Batik Tiku ini. Alumni Diklat 3 in 1 Pembuatan Batik Tulis Angkatan V yang dilaksanakan di Tiku 25 Juni s.d 15 Juli 2019, telah berhasil membuat Batik yang berkualitas. Semoga dengan launching produk ini, bisa menjadi langkah awal dan pionir bagi perkembangan Batik Tiku”. Papar Sri Mulyati, Kapala Seksi Pelaksanaan Diklat BDI Padang mewakili Kepala Balai Diklat Industri Padang (BDI) Padang dalam Kegiatan Launching Produk Batik Tiku bertempat di Gedung Permata Bunda, Nagari Tiku Utara Kabupaten Agam, Selasa 10 September 2019.

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Syafril Huda, Dinas Koperindag Kab. Agam, Balai Diklat Industri Padang, Pemerintah Kecamatan Tanjung Mutiara, Pemerintahan Nagari dan tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Kelompok Rumah Terampil Permata Bunda pada kesempatan ini memamerkan Batik yang didominasi dengan warna-warna cerah khas Batik Pesisir dengan motif-motif khas Tiku seperti: ikan, Kapal Pesona Tiku, kelapa dan motif khas Minangkabau seperti bada mudiak dan kaluak paku kacang balimbiang. Elizarni, dari Rumah Terampil Permata Bunda menyatakan motif batik akan terus dikembangkan hingga bisa menghasilkan motif khas Tiku yang benar-benar authentic dan bisa dipatenkan.

“Ilmu yang telah kami serap dari pelatihan di BDI Padang akan kami jadikan sebagai modal kami dalam meningkatkan perekonomian keluarga”, tambah Elizarni.

Direncanakan oleh elizarni dan kawan-kawan, akan terus memperkenalkan Batik Tulis Tiku ini dalam berbagai even baik ditingkat kecamatan, kabupaten maupun nasional. Untuk itu, kelompok Kelompok Rumah Terampil Permata Bunda terus mengharapkan support dari berbagai pihak, baik dari BDI Padang dalam memberikan pelatihan tingkat lanjutan dan pelatihan batik cap, maupun dari Pemerintah Daerah Kab. Agam berupa promosi, pembimbingan dan pendampingan usaha. (PPIDBDIP-RRMY)