Forum
Cara Merawat Mesin Fotokopi

Salah satu bagian peralatan yang paling berguna dan salah satu asset paling berharga di kantor Anda adalah mesin fotokopi. Jenis mesin fotokopiyang lebih besar dan lebih profesional dapat menghabiskan puluhan juta rupiah dan perbaikan serta pemeliharaan juga bisa mahal. Untuk menghindari biaya perbaikan yang tidak perlu, Anda dapat mengikuti beberapa teknik perawatan sederhana untuk menjaga mesin fotokopi Anda tetap bersih dan berfungsi, menghemat biaya untuk bisnis Anda.

- Baca manual instruksi


Meskipun ada banyak tips umum yang bagus untuk perawatan mesin fotokopi, mungkin ada tugas khusus untuk masing-masing model atau mode operasi tertentu. Dengan membaca manual, Anda akan tahu bagaimana mengoperasikannya dengan benar. Ini juga akan memastikan bahwa Anda mengetahui metode pabrikan yang direkomendasikan untuk perawatan yang diperlukan.

- Bersihkan kaca


Salah satu bagian yang membutuhkan perawatan rutin pada mesin fotokopi adalah kaca fotokopi yang Anda letakkan pada salinan dokumen. Kaca ini cepat menumpuk dengan debu dan kotoran sehingga harus dibersihkan setidaknya sekali sehari. Jika tidak, Anda akan mulai mendapatkan salinan Anda retak atau bergaris. Belilah pembersih kaca mesin fotokopi yang tepat dan lap kaca fotokopi dengannya setiap hari.

- Hapus debu dari dalam

Juga menjadi masalah jika komponen bagian dalam mesin fotokopi Anda terlalu kotor, selain korosi pada kaca. Gunakan tisu kering yang lembut untuk mengawetkan bagian-bagian ini dan bersihkan debu di bagian dalam mesin fotokopi Anda. Ini akan menghilangkan kotoran menjengkelkan yang dapat menyebabkan hasil salinan buruk.


- Jangan lupa kepala cardridge tinta

Meskipun bagian dalam mesin fotokopi Anda biasanya jarang disentuh, luangkan waktu untuk merawat tutup cardridge tinta. Sekali lagi, masalah debu dapat mempengaruhi kualitas salinan Anda. Gunakan kapas yang lembab untuk menghilangkan kotoran.

- Menjaga penggulung kertas

Penyebab utama kertas macet adalah debu pada penggulung kertas yang menghentikan pergerakan kertas sebagaimana mestinya. Untuk menjaga mesin fotokopi Anda tidak mengalami kemacetan, cukup bersihkan penggulung kertas dengan kain bebas serat secara teratur.

- Gunakan kertas dan bagian yang tepat

Penyebab paling umum dari masalah dengan mesin fotokopi adalah bagian atau kertas yang salah digunakan pada mesin. Hal ini menyebabkan mesin fotokopi tidak berfungsi dengan kapasitas penuh atau malah tidak berfungsi sama sekali. Misalnya, hanya dengan berat atau ketebalan kertas tertentu yang hanya dapat ditangani oleh mesin fotokopi Anda. Jika Anda memasukkan sesuatu yang terlalu berat atau terlalu tebal, itu akan membuat mesin fotocopy macet. Selalu gunakan suku cadang yang benar untuk mesin fotokopi untuk membantu pemeliharaan mesin fotokopi Anda.

- Bersihkan Drum

Drum di mesin fotokopi Anda adalah bagian penting yang mentransfer toner ke kertas untuk membuat salinan Anda. Seiring waktu, dapat tersumbat oleh toner, tetapi ini memerlukan perawatan yang cermat.

- Berikan fuser sekali lagi

Fuser adalah bagian penting lain dari mesin fotokopi Anda yang menempelkan toner cetakan ke kertas. Ini mungkin menjadi salah satu penyebab serting terjadi kerusakan mesin fotokopi, sehinggal layak untuk diperhatikan. Cukup oleskan sedikit minyak silikon ke kain lembab agar tetap dalam kondisi prima. Setelah siap, lap unit fuser Anda untuk membantu menghilangkan sisa toner atau kotoran.

- Bijaksana untuk selalu menjaga mesin fotokopi Anda

Tidak diragukan lagi, meluangkan waktu untuk melakukan perawatan mesin fotokopi adalah langkah yang baik secara keseluruhan. Tidak hanya akan membantunya tetap berjalan pada kondisi prima, ini juga akan menghemat waktu Anda di tempat kerja.

Cek Juga: Harga Mesin Foto Copy

0 Tanggapan