Macam-macam jenis kanstin beserta kegunaannya


1.Tipe Taman (Jepit)

Kanstin taman atau jepit adalah kanstin yang saat ini paling banyak digunakan dalam area perumahan, terkhusus perumahan baru. Mempunyai ukuran yang kecil yaitu panjang 40cm tinggi 20cm serta ketebalan yang hanya 10cm pasti nya berpengaruh dengan harga yang menjadi murah itulah mengapa jenis kanstin sangat banyak digunakan . Umumnya, model ini ramai di pakai untuk hunian cluster dan taman taman kota . Apalagi area yang struktur jalannya menggunakan paving block beton dan dikombinasikan dengan kanstin maka akan terlihat lebih asri dan juga tampak lebih rapi.


Adapun fungsi kanstin taman ini sebetulnya fungsi nya sama saja dengan kanstin yang lain adalah untuk bisa menahan tanah agar tidak dapat tercecer sampai ke badan jalan serta sebagai pembatas badan jalan . Hanya saja khusus kanstin taman ini memang biasanya dipasang di sisi sisi pembatas jalan jalan cluster kecil , taman , dan area jogging track


2.Model Trotoar (DKI Lama)

Pada awal nya model kanstin ini banyak sekali digunakan untuk trotoar di wilayah DKI , namun seiring dengan perkembangan kota jakarta serta semakin luas nya jalanan di ibu kota kanstein ini sudah sangat jarang sekali kita temukan di kota2 besar, bagi sebagian mungkin masih ada trotoar2 yang menggunakan kastin jenis ini tapi itu biasa nya hanya ada di area2 jalan yang tidak terlalu luas. Dan sekarang kanstin trotoar ini lebih banyak digunakan di area perumahan besar , area industri , kampus2 , perkantoran atau lain2nya sebab ukuran kanstin trotoar ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil artinya ini sangat menjadi alternatif bagi sebagian orang yang ingin mempercantik sisi – sisi jalan tersebut . ada 2 ukuran pada kansteen ini pertama Panjang 40cm, Tinggi 28cm dan yang kedua panjang 40cm , tinggi 25 cm . Kedua2nya memiliki ketebalan yang sama yaitu 15cm untuk tebal bawah dan 13cm untuk ketebalan atas. 


3.Model Tipe S

Bentuk dari kansteen ini mempunyai lekukan yang mirip dengan huruf S itulah mengapa dinamakan dengan kanstin S . Agak berbeda sedikit dengan tipe lain yang umum nya dipasang secara berdiri maka pemasangan kanstin ini yaitu dengan posisi tidur atau rata dengan badan jalan. Dan kanstin model tidur ini sering di sebut dengan beton tali air yang berfungsi bukan hanya sebagai pembatas jalan tetapi juga mengarahkan air ke dalam saluran pembuangan.


4.Model Jumbo (DKI)

Kanstin ini hampir sama juga dengan model  trotoar yang mana berfungsi sebagai pembatas jalan atau pemisah jalan dengan trotoar. Namun, yang membedakan keduanya yaitu dimensi kanstin beton ini jauh lebih besar, dari pada tipe yang trotoar, sehingga namanya disebut dengan kanstin jumbo. Penampakannya yang begitu besar dan kokoh, membuatnya lebih sesuai dipakai pada jalan utama atau jalan besar, terkhusus untuk jalan yang dilewati oleh mobil dengan angkutan berat


Itulah beberapa jenis, tipe, dan spesifikasi dari kanstin pembatas jalan untuk trotoar dan taman. Lalu, apa saja manfaat pemasangan kanstin ini? Kita perlu mengetahui apa saja manfaat pemasangan kanstin tersebut. Dengan begitu, kita bisa betul-betul memanfaatkan dengan baik. Sedangkan untuk harga kanstin 2020, dapat anda browsing melalui google.

0 Tanggapan