Mari Mengenal Teknik Cetak Plastik Rotogravure

Untuk membuat kemasan dari plastik, Anda tentu perlu proses cetak khusus. Salah satu proses cetak plastik yang sering digunakan contohnya adalah rotogravure. Teknik ini membuat kemasan plastik dengan hasil berupa roll yang nantinya bisa dipotong sesuai ukuran yang sudah ditentukan.

Pengertian Rotogravure

Secara sederhana, rotogravure adalah teknik menggunakan cetak bulat untuk menempelkan gambar pada permukaan plastik. Permukaan plastik nantinya dipotong dan di-roll sebelum nantinya digunakan pada mesin pengemas.

Teknik cetak ini sangat umum digunakan untuk kemasan makanan ringan. Plastik yang awalnya flat, dipotong dan rangkai menjadi kantong sebelum nantinya diisi. Proses ini berjalan dari mesin dan sangat cepat. Karena itu, bentuk roll menjadi pilihan utama karena bisa diproses mesin dengan cepat daripada individu lembaran.


Kunjungi juga : Jasa cetak plastik bandung

Kelebihan Menggunakan Teknik Rotogravure

Ingin tahu mengapa banyak pihak menggunakan teknik cetak plastik ini? Mari bahasn kelebihannya dalam bagian berikut:

Proses Pengemasan dan Cetak Cepat

Menggunakan mesin cetak khusus tentu mempercepat prosesnya. Proses cetak, tempel film dan roll bisa dilakukan dalam satu seri proses. Dibandingkan proses cetak manual seperti sablon, kecepatan buat kemasan dengan hal ini jauh lebih baik.

Tampilan Bisa Full Collor

Karena mengguankan alat khusus yang menempelkan film pada permukaan plastik, hasil gambar bisa berwarna. Berbeda dengan proses cetak kemasan dengan sticker ataupun sablon, hasil cetak rotogravure pasti lebih mencolok dengan berbagai warna berbeda.

Lebih Bebas dari Restriksi Desain

Menggunakan teknik ini sama seperti menggunakan printer. Gambar apa saja bisa diproses dengan teknik ini. Berbeda dengan proses cetak sablon untuk plastik. Jadi Anda bebas pilih warna bentuk dan gambar untuk kemasan yang Anda buat.

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Pakai Teknik Ini

Walaupun banyak kelebihannya, proses cetak plastik ini tidak cocok untuk usaha kecil. Alasannya tentu ada di biaya. Karena proses kemasan lebih ditujukan untuk pabrikan, hasilnya plastik cetak bisa mahal harga buatnya.

Anda harus punya alat khusus untuk melakukan kemasan dari bahan mentah plastik roll rotogravure. Tapi jika Anda bisa sewa jasa cetak plastik yang terpercaya, Anda tidak perlu beli mesinnya. Cukup pesan pihak lain untuk membuat kemasan yang nantinya tinggal Anda isi.

Sekian bahasan tentang teknik cetak plastik rotogravure ini. Mudah – mudahan penjelasan di atas mampu memperluas wawasan Anda!

0 Tanggapan