Forum
Pengertian, Fungsi, dan Jenis Polis Asuransi

Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, Macam, hingga Dasar Hukum | Qoala  Indonesia

Sebagai salah satu pilihan investasi, asuransi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari tren asuransi, tren asuransi semakin mudah dan menarik perhatian anak muda.

Tentunya fenomena tersebut perlu diimbangi dengan pemahaman masyarakat tentang asuransi, agar mereka dapat memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya dan perusahaan asuransi dengan reputasi yang diakui. Dalam asuransi sering terdengar beberapa istilah terkait calon nasabah yang memilih produk asuransi, salah satunya adalah polis asuransi.

 

Pengertian Polis Asuransi

Saat mengartikan polis dan premi asuransi, banyak orang yang masih salah. Sekalipun kedua hal ini saling terkait, namun memiliki arti yang berbeda. Polis asuransi adalah dokumen hukum yang mengikat pemegang polis atau nasabah dan perusahaan asuransi dalam suatu perjanjian tertulis. Perjanjian tersebut menjelaskan semua syarat, hak dan kewajiban para pihak, serta ketentuan prinsip kerja perasuransian yang akan dilaksanakan.

Dokumen ini secara tidak langsung membuktikan bahwa kesepakatan antara nasabah dan perusahaan asuransi adalah legal dan tunduk pada tanggung jawab yang disepakati bersama. Polis asuransi akan melindungi semua hak dan kewajiban nasabah dan perusahaan asuransi.

 

Pengertian Nomor Polis Asuransi

Saat Anda membeli produk asuransi, Anda akan mendapatkan nomor polis. Oleh karena itu, nomor polis ini merupakan satu-satunya kode yang diberikan kepada pemegang polis sebagai identitas orang yang terdaftar secara sah dan sah sebagai nasabah asuransi. Nantinya, nomor polis ini akan digunakan untuk keperluan transaksi dan identitas nasabah.

Dengan hanya memberikan nomor polis yang diberikan, perusahaan asuransi akan dapat mengetahui identitas lengkap nasabahnya. Keberadaan nomor polis ini juga terkait dengan proses klaim dan verifikasi data. Jika nomor asuransi tidak sesuai dengan nomor yang diberikan di awal kontrak, Anda berhak menolak polis asuransi.


Fungsi Dari Polis Asuransi

Bagi nasabah dan perusahaan asuransi, penting untuk memahami sepenuhnya isi polis asuransi, sehingga terhindar dari kerugian di kemudian hari akibat ketidaktahuan jenis polis asuransi yang dibeli. Sebab, kedua belah pihak memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi Polis Bagi Perusahaan Asuransi

Bagi perusahaan asuransi, fungsi polis adalah sebagai berikut:

1. Sebagai bukti nyata penolakan klaim yang dilakukan oleh tertanggung, jika klaim tersebut tidak memenuhi persyaratan polis asuransi.

2. Sebagai bukti dokumenter untuk memberikan jaminan kepada tertanggung

3. Sebagai bukti penerimaan premi asuransi yang dibayarkan oleh tertanggung 


Fungsi Polis Asuransi Bagi Pelanggan Atau Pemilik Asuransi

Polis asuransi memiliki fungsi khusus nasabah, yaitu:

1. Sebagai bukti kuat untuk menggugat pihak asuransi, jika suatu saat terjadi kelalaian dalam memenuhi jaminan sebagai hak nasabah.

2. Sebagai bukti premi yang diberikan kepada perusahaan asuransi

3. Hal tersebut tertulis dalam polis asuransi sebagai bukti tertulis untuk menjamin berbagai risiko dan kompensasi atas kemungkinan kerugian yang ditanggung.

 

Beberapa Jenis Polis Asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki banyak produk asuransi untuk dipilih nasabah. Berbagai jenis polis asuransi tersebut juga memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda sehingga nasabah dapat menentukan produk mana yang saat ini menjadi solusi dari permasalahan dalam rencana investasi yang sedang mereka persiapkan.

Ini adalah jenis polis asuransi tertentu yang biasanya dapat ditemukan di perusahaan asuransi.

·        Polis asuransi jiwa

Jenis polis asuransi ini memungkinkan perusahaan asuransi menggunakan jumlah tertentu untuk mengukur nilai hidup nasabah. Jika nasabah meninggal, uang tersebut akan diserahkan kepada ahli warisnya di kemudian hari. Polis asuransi jiwa mencakup asuransi unit link, termasuk asuransi murni dan penggunaan ganda.

 

·         Polis asuransi kesehatan

Jenis polis asuransi kesehatan ini merupakan jenis yang sering dijumpai di masyarakat. Jika nasabah mengalami sakit atau kecelakaan, maka perusahaan asuransi akan menjamin biaya pengobatannya. Biasanya, pertanggungan asuransi yang ditanggung adalah rawat inap dan rawat jalan.

 

·         Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

Polis asuransi kendaraan bermotor dirancang untuk memberikan asuransi bagi kendaraan bermotor yang terdaftar milik tertanggung. Hal ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk memberikan polis asuransi mobil dan motor untuk kemungkinan kerugian yang ditimbulkan oleh kendaraan di kemudian hari.

 

·         Polis Asuransi Wisata atau Perjalanan

Polis perjalanan ini memungkinkan perusahaan asuransi menjamin kompensasi ketika pelanggan melakukan perjalanan ke tujuan tertentu dan dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, jaminan selalu berlaku sejak nasabah berangkat hingga pulang ke tempat asal. Misalkan digunakan untuk reporter yang akan melaporkan berita di daerah berbahaya.

0 Tanggapan