TANAH DATAR, Detikkasus.com – Kerjasama yang dilaksanakan oleh Koperindagpastam tanah datar dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang adalah untuk meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di nagari-nagari di Kabupaten tanah datar. Seperti usaha sulaman kapalo samek yang terkenal di Pandai Sikek Kecamatan Sepuluh Koto. Hal ini disampaikan oleh Kadis Koperindag Tanah Datar Abdul Hakim, SH di Gedung PKK Tanah Datar, Rabu (12/7).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Tanah Datar Drs. Irdinansyah Tarmizi yang didampingi Ny. Emi irdinansyah, Asisten 1 Drs.Muklis, Staf ahli Imran, SH dan Direktur Bank Nagari Bapak Eka serta Kepala BDI Padang Jonni Afrizon, SE, MM serta anggota BDI lainnya yakninya Herman Setiadhy, SE, Dra. Hayati, MM, Rafki Rahmat, SH, Nafka Wandi, ST dan Ketua Dekranasda Tanah Datar, Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar, dan peserta IKM Kapalo Samek kecamatan Sungai Tarab (4 nagari) dengan jumlah peserta 70 orang.

Bupati Irdinansyah dalam sambutannya, Kami berterimakasih sekali kepada Bapak Jonni dari BDI Sumatera Barat yang telah memilih tanah datar swbagai peserta yang ke 18 dalam sosialisasi BDI terhadap usaha kecil menengah. Semoga ukm di tanah datar ini menjadi yang berkopetensi di seluruh sumatera barat. Disamping itu Bupati mengharapkan koordinasi antara koperindagpastam dengan walinagari supaya usaha kecil menengah (UKM) di daerah Tanah Datar berjalan dengan lancar. Dengan adanya sulaman kapalo samek yang ada di daerah pandai sikek  hendaknya menjadi sulaman yang diminati oleh daerah atau negara lain. Dengan adanya BUMNag (Badan Usaha Milik Nagari) bisa juga bekerjasama dengan Koperindag untuk mengembangkan usaha mereka.

Bupati mengharapkan sekali hendaknya ada kerajinan anak nagari seperti membuat prakaria dari bahan apapun yg bisa menarik kalau sudah ada kerajinan dari anak nagari maka kerjasama kIta dengan Balai Diklat Industri (BDI) tidak akan sia2. Disamping itu kepala BDI Sumbar Jonni Afrizon mengharapkan sekali usaha yang dilaksanakannya di Tanah Datar ini berjalan dengan lancar. Tidak lupa jonni meminta dukungan dari rekan media intuk mempublikasikannya.karna kalau tidak dipublikasikan oleh rekan media acara dan niat baik ini tidak akan diketahui oleh masyarakat kita kata jonni Afrizon yang berasal dari Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung ini. (Meriyanto)

Sumber: DetikKasus.com